Titik Kritis Kehalalan Bakery Yang Harus Anda Ketahui

Titik Kritis Kehalalan Bakery Yang Harus Anda Ketahui

 

Sekarang ini varian macam makanan banyak sekali dari yang mulai dengan bahan yang sangat sederhana sampai makanan yang menggunakan bahan yang sedikit banyak melibatkan unsur – unsur yang rumit,nah….bagi kita kaum muslim di dalam memilih makanan harus hati – hati dan tentu nya kita mengingin kan konsumsi makanan yang Halal bukan? Ini lah sedkit artikel tentang Titik Kritis Kehalalan Bakery Yang Harus Anda Ketahui¬†yang bisa menambah wawasan untuk anda semua.

Baca Juga Artikel:Alur Sertifikasi Halal MelaLui Self Declare

Kalau kita berbicara soal makanan tentunya salah satu nya yang sekarang menjadi makanan yang sering di konsumsi oleh masyarakata adalah roti,sejarah roti memang agak panjang karena sebenarnya roti merupakan makanan asli asing yang masuk ke Indonesia di bawa oleh para warga negara Belanda di saat jaman penjajahan dulu yakni sekitar tahun 1930.

Pada saat itu makanan pokok para warganegara Belanda yang datang ke Indonesia tersebut adalah Roti.Makanan yang terbuat dari gandum ini di konsumsi oleh para Orang belanda tersebut dan seiring berjalan nya waktu akhir nya roti sebagai makanan konsumsi tersebut di perjualbelikan ke para penduduk pribumi.Dan dari asal mula itu lah makanan konsumsi pokok orang Belanda itu berkembang di Indonesia dari mulai roti yang tekstur nya lembut hingga yang tekstur nya kasar yang bercita rasa gurih itu menjadi semakin berkembang pesat di Indonesia hingga sekarang.

Nah….dari kelezatan dan enak nya produk Roti atau bakery ini apa aja sih yang kita mesti waspadai tentang kehalalan nya? karena kita sebagai muslim tidak boleh sembarangan di dalam mengkonsumsi produk Roti atau bakery apalagi ini adalah produk yang berasal dari luar bangsa kita.Kita harus mengkonsumsi produk yang halal.

TEPUNG TERIGU

Produk terigu di jaman sekarang banyak yang di perkaya dengan vitamin agar hasil produk olahan dari terigu ini lebih bagus dan lezat.Vitamin di dalam penyimpanan nya menggunakan penyalut yang berasal dari gelatin,nah….gelatin ini sumber nya harus jelas, apakah sumber Gelatin ini dari sapi atau Babi?

Di dalam struktur atau komposisi tepung terigu ini juga terdapat zat yang bernama sistein,zat ini berfungsi untuk mengembangkan adonan.Dan zat Sistein ini pada umum nya berasal dari bulu bebek.Lalu dalam perkembangan teknologi pangan seperti di jaman sekarang ini ternyata Sistein pun bisa di dapatkan dari rambut manusia dan bulu babi .

Baca Juga Artikel: Jasa Pembuatan Sertifikat Halal Resmi Negara Yang Di Terbitkan Oleh BPJPH Kemenag

YEAST atau RAGI

Dalam pembuatan roti,ragi/yeast di perlukan atau di butuh kan agar adonan bisa mengembang.Secara komersial nya ragi/yeast dapat di peroleh dalam 3 bentuk,yaitu compressed yeast,active dry yeast,dan instant active dry yeast.

Dari segi kehalalan,bahan aditif ini lah yang perlu di waspadai dan di cermati kehalalan nya.Pada pembuatan compressed yeast sering di tambahkan pemulsi(emulsifier) yang syubhat.

Bahan aditif yang mungkin ada di ragi instant adalah bahan anti gumpal(anti caking agent).Bahan – bahan anti gumpal yang syubhat adalah E542(Edible Bone phosphate,berasal dari tulang hewan),E570(Asam Stearat) dari tanaman atau hewan.Dan E572(Magnesium Stearat) di buat dengan menggunakan bahan dasar asam stearat.

SHORTENING

adalah lemak apa pun yang padat pada suhu ruangan dan di gunakan untuk membuat cake atau kue kering dan produk makanan lain nya.

Jika dari sumber hewani,bisa berasal dari minyak babi(Lard) atau dari lemak sapi(Tallow) pastikan hewan sapi nya di sembelih dengan cara Islami.

RHUM

adalah sejenis miras yang fungsi nya dalam produk bakery sebagai penambah aroma,rhum dengan kadar alkohol >36%.Hukum Rhum dalam produk makanan dan minuman adalah haram,pun perisa rhum juga tidak boleh di gunakan dalam produk walau bahan – bahan nya halal.

CAKE EMULSIFIER

adalah zat pengemulsi yang khusu adonan kue.Cake yang berfungsi untuk membuat tekstur kue/cake lembut dan empuk.Contoh merk yang beredar di Indonesia Ovalet,TBM,Ryoto SP,Dina 80 dan lain lain.

Sumber bahan baku cake emulsifier bisa berasal dari bahan Hewani atau nabati.Harus di pastikan sumber dari Hewani apakah Halal atau tidak.

DOUGH CONDITIONER

Bahan multifungsi,bisa melembutkan adonan,mengembangkan adonan,mengawetkan dan lain lain.Itulah sebabnya Dough Conditioner berisi campuran berbagai jenis bahan diantara nya yaitu L- sistein,tepung kedele,asam askorbat,lemak,gula,pengawet,emulsifier,dan gipsum.karena nya status dough conditioner syubhat.

KORSVET

adalah lemak yang berfungsi untuk membentuk lapisan pada adonan flaky pastry(croissant,danish atau puff pastry).

Jenis Korsvet ada 2 tipe:

1.Shortening Pastry/pastry margarine,untuk jenis ini penanganan nya dapat dilakukan di kondisi suhu ruangan.

2.Pastry Butter Sheet,khusus jenis ini penanganan nya harus di lakukan di suhu dingin.

Korsvet berasal dari lemak hewan,biasa nya babi,sapi,minyak ikan,pastikan kehalan bahan ini.

PERISA/FILLING/TOPING

Perisa/flavor fungsi nya sebagai penambah rasa,bahan baku perisa ini sangat banyak dan status nya belum jelas kehalalan nya.Perlu di ketahui masing-masing bahan baku status kehalalan nya.

Filling adalah pengisi di dalam roti,bisa daging,buah dan lain lain.Jika dari hewani harus jelas hewan yang halal dan sembelihan nya juga halal.Sedang nabati harus jelas apakah ada bahan tambahan dalam proses nya atau tidak.

Toping adalah lapisan luar pada bakery,sama hal nya dengan filling harus jelas kehalalan nya.

KUAS

berfungsi sebagai pengoles loyang atau pun bakery yang akan di panggang.Kuas dari bulu binatang lebih halus tapi harus di pastikan jenis hewan apa,jangan sampai menggunakan kuas dari bulu hewan yang di haramkan atau najis.Alternatif lain nya adalah menggunakan kuas yang dari silikon.

Memang selain dari bahan baku atau sarana untuk memproduksi roti atau bakery ini adalah bagaimana cara proses pembuatan nya juga harus di jamin kehalalan nya.Tidak boleh dalam proses produksi nya terkontaminasi barang yang haram atau pun yang najis.

Baca Juga Artikel:Dengan Bersertifikat Halal Pede Masuk Ke Pasar Modern

Bahan baku harus yang sudah bersertifikat halal di dalam pembuatan roti atau bakery ini.Info halal bisa di lihat di www.halalmui.org atau di www.info.halal.go.id dan di cek pula logo halal di kemasan produk nya.

Titik Kritis Kehalalan Bakery Yang Harus Anda Ketahui ini sangat lah penting agar produk yang kita konsumsi tersebut sesuai syariat Islam dan Halal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *